๐ 11 ADAB ZIAROH KUBUR
1⃣ TIDAK MENJADIKAN KUBURAN SEBAGAI TEMPAT SHOLAT WAJIB MAUPUN YANG SUNNAH KECUALI SHOLAT JENAZAH
ุนَْู ุฃَุจِู ุณَุนِูุฏٍ ุงْูุฎُุฏْุฑِِّู، َูุงَู: َูุงَู ุฑَุณُُูู ุงَِّููู ุตََّูู ุงُููู ุนََِْููู َูุณََّูู
َ: «ุงْูุฃَุฑْุถُ َُُّูููุง ู
َุณْุฌِุฏٌ، ุฅَِّูุง ุงْูู
َْูุจَุฑَุฉَ َูุงْูุญَู
َّุงู
َ»
Dari Abu Sa’id Al-Khudri rodhiyaAllohu ‘anhu mengatakan: bersabda Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam: “Bumi ini semuanya adalah masjid kecuali kuburan dan kamar mandi.” [HR. Ahmad (no.11784) At-Tirmidzi (no.317) Ad-Darimi (no.1430) Ibnu Majah (no.745)]
2⃣ TIDAK BOLEH SHOLAT MENGHADAP KUBUR
ุนَْู ุฃَุจِู ู
َุฑْุซَุฏٍ ุงْูุบََِِّููู َูุงَู: َูุงَู ุฑَุณُُูู ุงِููู ุตََّูู ุงُููู ุนََِْููู َูุณََّูู
َ: «َูุง ุชُุตَُّููุง ุฅَِูู ุงُْููุจُูุฑِ، ََููุง ุชَุฌِْูุณُูุง ุนَََْูููุง»
Dari Abu Martsad Al-Ghonawi berkata: bersabda Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam: “Janganlah kalian sholat menghadap kubur, dan janganlah kalian duduk-duduk di atasnya.” [HR. Muslim (no.838)]
3⃣ TIDAK MENJADIKAN KUBURAN SEBAGAI TEMPAT UNTUK MEMBACA AL-QUR’AN.
ุนَْู ุฃَุจِْู ُูุฑَْูุฑَุฉَ ุฃََّู ุฑَุณَُูู ุงِููู ุตََّูู ุงُููู ุนََِْููู َูุณََّูู
َ َูุงَู «ูุงَ ุชَุฌْุนَُْููุง ุจُُููุชَُูู
ْ ู
ََูุงุจِุฑَ ุฅَِّู ุงูุดَّْูุทَุงَู َِْูููุฑُ ู
َِู ุงูุจَْูุชِ ุงَّูุฐِْู ุชُْูุฑَุฃْ ِِููู ุณُูุฑَุฉُ ุงูุจََูุฑَุฉَ»
Dari Abรป Huroiroh berkata bahwasanya Rosรปlullรดh shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Janganlah jadikan rumah kalian seperti kuburan, sesungguhnya syaithon akan lari dari rumah yang disitu dibacakan surat Al Baqoroh.” [HR. Muslim (no.780) At-Tirmidzรฎ (no.2877) Berkata Al-Imรขm At-Tirmidzรฎ: Hadits Hasan Shohรฎh Al-Baghowรฎ dalam “syarhus sunnah” (4/456) no.1192]
4⃣ TIDAK MENYEMBELIH HEWAN DI KUBURAN
ุนَْู ุฃََูุณٍ، َูุงَู: َูุงَู ุฑَุณُُูู ุงَِّููู ุตََّูู ุงُููู ุนََِْููู َูุณََّูู
َ: «َูุง ุนَْูุฑَ ِูู ุงْูุฅِุณَْูุงู
ِ»، َูุงَู ุนَุจْุฏُ ุงูุฑَّุฒَّุงِู: «َูุงُููุง َูุนِْูุฑَُูู ุนِْูุฏَ ุงَْููุจْุฑِ ุจََูุฑَุฉً ุฃَْู ุดَุงุฉً»
Dari Anas bin Malik berkata: bersabda Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam: “Tidak ada ‘aqro (penyembelihan hewan di kuburan) dalam Islam.” ‘Abdurrozzaq mengatakan: “Dahulu kaum musyrikun mereka menyembelih hewan Sapi atau Kambing di kuburan.” [HR. Abu Dawud (no.3222)]
5⃣ TIDAK BOLEH DUDUK DI ATAS KUBURAN
ุนَْู ุฃَุจِู ُูุฑَْูุฑَุฉَ، َูุงَู: َูุงَู ุฑَุณُُูู ุงَِّููู ุตََّูู ุงُููู ุนََِْููู َูุณََّูู
َ: «َูุฃَْู َูุฌِْูุณَ ุฃَุญَุฏُُูู
ْ ุนََูู ุฌَู
ْุฑَุฉٍ َูุชُุญْุฑَِู ุซَِูุงุจَُู، ุญَุชَّู ุชَุฎُْูุตَ ุฅَِูู ุฌِْูุฏِِู، ุฎَْูุฑٌ َُูู ู
ِْู ุฃَْู َูุฌِْูุณَ ุนََูู َูุจْุฑٍ»
Dari Abu Huroiroh berkata: bersabda Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam: “Kalau seandainya salah seorang dari kalian duduk di atas bara api yang membakar pakaiannya, sampai menyengat ke kulitnya; hal itu lebih bagus daripada ia duduk di atas kubur.” [HR. Abu Dawud (no.3228)]
๐ด Termasuk juga bersandar di kuburan. An-Nawawi rohimahulloh mengatakan:
َูุงُْููุนُูุฏُ ุนََِْููู ุญَุฑَุงู
ٌ ََููุฐَุง ุงِูุงุณْุชَِูุงุฏُ ุฅَِِْููู َูุงِูุงุชَِّูุงุกُ ุนََِْููู
“Duduk di atas kuburan adalah harom, begitu juga bersandar dan meniduri di atasnya.” [Syarh Nawawi ‘ala Shohih Muslim]
6⃣ TIDAK MENULIS NAMA MAYIT DI ATAS KUBURANNYA
ุนَْู ุฌَุงุจِุฑٍ َูุงَู: ََููู ุฃَْู ُูุจَْูู ุนََูู ุงَْููุจْุฑِ ุฃَْู ُูุฒَุงุฏَ ุนََِْููู ุฃَْู ُูุฌَุตَّุตَ ุฃَْู ُْููุชَุจَ ุนََِْููู.
Dari Jabir berkata: “Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam melarang untuk membangun di atas kubur, atau di tambah (tinggi) kuburan atau mengjash (menyemen) atau menulis di atasnya.” [HR. An-Nasa’i]
๐ Asy-Syaukani rohimahulloh mengatakan:
َُُْูููู: (َูุฃَْู ُْููุชَุจَ ุนَََْูููุง) ِِููู ุชَุญْุฑِูู
ُ ุงِْููุชَุงุจَุฉِ ุนََูู ุงُْููุจُูุฑِ، َูุธَุงِูุฑُُู ุนَุฏَู
ُ ุงَْููุฑِْู ุจََْูู ِูุชَุงุจَุฉِ ุงุณْู
ِ ุงْูู
َِّูุชِ ุนََูู ุงَْููุจْุฑِ َูุบَْูุฑَِูุง.
“Dalam sabda: (Dan menulis di atasnya) terdapat padanya larangan untuk menulis di atas kubur, dzohirnya tidaklah dibedakan antara penulisan nama mayit di atas kubur dengan yang lainnya.” [Lihat “Nailul Author” (no.1474)]
7⃣ TIDAK BOLEH MEMBANGUN KUBURAN
ุนَْู ุฌَุงุจِุฑٍ َูุงَู: «ََููู ุฑَุณُُูู ุงَِّููู ุตََّูู ุงُููู ุนََِْููู َูุณََّูู
َ ุฃَْู ُูุฌَุตَّุตُ ุงَْููุจْุฑُ َูุฃْู ُْููุนَุฏَ ุนََِْููู َูุฃْู ُูุจَْูู ุนََِْููู»
Dari Jabir berkata: “Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam melarang untuk menyemen kubur, mendudukinya dan membangun di atasnya.” [HR. Muslim (no.970)]
๐ Asy-Syafi’i rohimahulloh mengatakan:
ุฑَุฃَْูุช ุงْูุฃَุฆِู
َّุฉَ ุจِู
ََّูุฉَ َูุฃْู
ُุฑَُูู ุจَِูุฏْู
ِ ู
َุง ُูุจَْูู، ََููุฏُُّู ุนََูู ุงَْููุฏْู
ِ ุญَุฏِูุซُ ุนٍَِّูู ุงْูู
ُุชََูุฏِّู
ُ
“Aku telah melihat para Imam-Imam di Makkah memerintahkan untuk menghancurkan apa yang telah dibangun di atas kuburan. Dan yang menunjukkan untuk menghancurkan adalah hadits ‘Ali yang telah lewat.” [Lihat “Nailul Author” (no.1474)]
8⃣ TIDAK BERJALAN DIANTARA KUBURAN DENGAN SANDAL
ุนู ุจَุดِูุฑ ุงุจู ุงูุฎَุตَุงุตَِّูุฉ ุฃู ุฑَุณُูู ุงَّููู ุตََّูู ุงُููู ุนََِْููู َูุณََّูู
َ ุญุงูุช ู
ูู َูุธْุฑَุฉٌ، َูุฅِุฐَุง ุฑَุฌٌُู َูู
ْุดِู ِูู ุงُْููุจُูุฑِ ุนََِْููู َูุนَْูุงِู، ََููุงَู: «َูุง ุตَุงุญِุจَ ุงูุณِّุจْุชَِّูุชَِْูู، َْููุญََู ุฃَِْูู ุณِุจْุชَِّูุชََْูู» ََููุธَุฑَ ุงูุฑَّุฌُُู ََููู
َّุง ุนَุฑََู ุฑَุณَُูู ุงَِّููู ุตََّูู ุงُููู ุนََِْููู َูุณََّูู
َ ุฎََูุนَُูู
َุง َูุฑَู
َู ุจِِูู
َุง
Dari Basyir bin Al-Khoshohiyyah berkata: Ketika Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam berjalan, tiba-tiba beliau melihat ada seorang lelaki yang berjalan diantara kuburan dengan kedua sandalnya; maka Nabi bersabda: “Wahai pemakai sandal sibtiyyah; celaka engkau, lepaskanlah kedua sandal sibtiyyahmu.!” Lelaki tadi itu pun menoleh, maka ketika ia mengetahui bahwa itu adalah Rosululloh sholallohu ‘alaihi wa sallam ia pun melepasnya dan melempar kedua sandalnya.” [HR. Ahmad (no.20784) Abu Dawud (no.3230) Ibnu Majah (no.1568) An-Nasa’i (no.2048)]
๐ Ibnu Baz rohimahulloh mengatakan:
َูุฎَْูุนَُูุง ุฅِุฐَุง َูุงَู َูู
ُุฑُّ ุจََูู ุงُููุจُูุฑِ، ุฃَู
َّุง ุฅِุฐَุง َูู
َูู
ُุฑُّ ุจََูู ุงُููุจُูุฑِ ََููุง َูุฎَْูุนَُูุง ู
ِุซْู ุฃَْู ََِููู ุนِْูุฏَ ุฃََِّูู ุงูู
َْูุจَุฑَุฉِ َُููุณَِّูู
ُ َููุงَ َูุฎَْูุนُ.
“Dilepas sandal ketika melewati diantara kuburan, apabila ia tidak melewati diantara kuburan, maka tidaklah ia melepasnya semisal ketika berdiri pada pintu kuburan dan mengucapkan salam, maka yang seperti ini tidak melepasnya.”
9⃣ TIDAK BOLEH MENGINJAK KUBURAN.
๐ Abu Sa’id mengatakan:
ُْููุชُ ุฃَู
ْุดِู ู
َุนَ ุนَุจْุฏِ ุงَِّููู ِูู ุงْูุฌَุจَّุงَูุฉِ، ََููุงَู: «َูุฃَْู ุฃَุทَุฃَ ุนََูู ุฌَู
ْุฑَุฉٍ ุญَุชَّู ุชُุทَْูุฃَ ุฃَุญَุจُّ ุฅََِّูู ู
ِْู ุฃَْู ุฃَุทَุฃَ ุนََูู َูุจْุฑٍ»
“Suatu ketika aku berjalan bersama ‘Abdulloh (Ibnu Mas’ud) di Jabbรขnah, maka beliau mengatakan: “Kalau seandainya aku menginjak di atas bara api sampai padam, lebih aku sukai daripada aku menginjak di atas kuburan.” [AR. Ibnu Abi Syaibah (no.11771)]
Datang atsar semisal dari Abu Bakroh dan ‘Uqbah bin ‘Amir dalam Mushonnaf Ibnu Abi Syaibah (no.11772).
๐ TIDAK MEMBUANG HAJAT DI KUBURAN
๐ Mujahid bin Jabr rohimahulloh mengatakan:
«َูุง ُูุญْุฏِุซُ َูุณَุทَ ู
َْูุจَุฑَุฉٍ، ََููุง َูุจُُูู َِูููุง»
“Janganlah berhadats di tengah-tengah kuburan dan tidak pula kencing di kuburan.” [AR. Ibnu Abi Syaibah (no.11780)]
1⃣1⃣ TIDAK MENEBAR BUNGA MAUPUN WEWANGIAN DI KUBURAN
๐ Lajnah Daimah berfatwa:
َูุถْุนُ ุงูุฒُُّููุฑِ ุนََูู ُูุจُูุฑِ ุงูุดَُّูุฏَุงุกِ ุฃَู ُูุจُูุฑِ ุบَْูุฑِِูู
ْ ุฃَู ุนَู
َِู َูุจْุฑ ุงูุฌُْูุฏِู ุงูู
َุนُْููู
ุฃَู ุงูู
َุฌُْููู- ู
َِู ุงูุจِุฏَุนِ ุงَّูุชِู ุฃَุญْุฏَุซََูุง ุจَุนุถُ ุงูู
ُุณِْูู
َูู ِูู ุงูุฏَُِّูู ุงَّูุชِู ุงุดْุชَุฏَّุชْ ุตَِูุชَُูุง ุจِุงูุฏَُِّูู ุงَููุงِูุฑَุฉِ، ุงุณุชِุญْุณَุงًูุง ِูู
َุง َูุฏَู ุงَُّูููุงุฑِ ู
ِْู ุตَِْููุนِِูู
ْ ู
َุนَ ู
َูุชَุงُูู
ْ، ََููุฐَุง ู
َู
ُْููุนٌ ุดَุฑุนًุง ِูู
َุง ِِْููู ู
َِู ุงูุชَّุดَุจُِّู ุจِุงَُّูููุงุฑِ، َูุฃَุชْุจَุงุนُُูู
ْ ِْููู
ุง ุงุจุชَุฏَุนُُูู ِูุฃَُْููุณِِูู
ِูู ุชَุนْุธِูู
ِ ู
َูุชَุงُูู
ْ.
“Menebar bunga di atas kubur para Syuhada atau kubur selain mereka atau di kuburan para tentara yang ma’ruf maupun tak diketahui termasuk dari perkara bid’ah yang diada-adakan oleh sebagian kaum muslimin di Negeri yang masih memiliki kaitan erat dengan Negara-negara kafir; karena menganggap baik dengan apa yang dimiliki orang kafir dari perbuatan mereka terhadap orang yang telah meninggal dari mereka. Ini adalah perkara yang terlarang secara syari’at disebabkan terdapat padanya tasyabbuh dengan orang kafir dan mengikuti mereka pada perkara yang mereka ada-adakan untuk mereka sendiri dalam memuliakan orang mati mereka.”
Fuad Hasan bin Mukiyi
Ngawi, 8 Syawwal 1438 Hijriyyah
๐ค Channel telegram Masjid Imam Al-Wadi'i:
https://t.me/MasjidImamAlWadii