Minggu, 30 Oktober 2016
Ambilah Pendapat Yang Mendekati Dalil Jika Terjadi Perbedaan Pendapat
عنوان الفتوى: هل ينكر على من أخذ بقول ما في مسألة خلافية(1)
Apakah mengingkari atas orang yg mengambil suatu pendapat dlm masalah khilafiyah
السؤال: ما يقوله بعض الناس: من أن الحكم الشرعي لو كان فيه عدة أقوال للأئمة، فإن من أخذ بقول أحدهم لا ينكر عليه، فما توجيه فضيلتكم حول هذا؟
Apa yg dikatakn sebagian orang " bahwa hukum syar'i yg didapati padanya beberapa pendapat ulama maka jika seorang mengambil salah satu dri pendapat mereka maka tdk diingkari atasnya.
Maka bagaimana taujihmu yang mulia sekitar masalah ini?
الإجابة: إن كنت بصيرًا بالأدلة فخذ ما تراه أقرب إليها من الأقوال، وهذا الذي ينبغي أن يسعى إليه الناس،
Jawab: jika kamu termasuk yg mengerti dalil, maka ambillah yg menurutmu lebih dekat kepada dalil dri pendapat-pendapat tersebut. Dan inilah yg sepantasnya manusia berusaha,
يكونون طلبة علم حتى يعرفوا الحق من الباطل، وكل بحسبه، على ما آتاه الله من الخير،
Berusaha menjadi penuntut ilmu sehingga mengetahui yg benar dri yg salah, semuanya sesuai kadarnya atas apa yg telah allah berikan kepadanya dri kebaikan.
لا يلزم أن يكونوا جميعًا فقهاء، فقد كان العامة في زمن النبي صلى الله عليه وآله وسلم، الأعراب وغير الأعراب،
Tidak harus,semua menjadi fuqoha ,dn keumuman masyarakat dizaman nabi adalah al a' rob( orang pedalaman arob)dn selain mereka
لكن من لم يعرف دينه وجب عليه أن يتعلم دينه بقدر مستطاعه؛
Akan tetapi bagi yg tdk mengetahui agamanya harus mempelajari agamanya sebatas kemampuannya
لقول النبي صلى الله عليه وآله وسلم: «طلب العلم فريضة على كل مسلم».
Berdasar sabda nabi shollollahu alaihi wasallam "menuntut ilmu adalah kewajiban atas seorang muslim"
واللازم عليه إن لم يكن يعرف الأدلة والاستدلال أن ينظر علماء أهل السنة من يرى قوله أقرب إلى الصواب فيأخذ به، على دليله الذي ذكره له،
Dan yg wajib bagi yg tdk mengerti dalil dn istinbath, untuk melihat ulama ahlus sunnah yg ia ketahui pendapatnya lebih dekat kepada kebenaran shg ia mengambilnya berdasar dalil yg ia sebutkan
وبهذا يكون قد اجتهد في الوصول إلى الحق، والله يقول: ﴿لا يُكَلِّفُ اللهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا﴾; [البقرة:286].
Dengan ini ia telah berijtihad untuk mencapai kepada yg benar allah berfirman " allah tidak membebani suatu jiwa kecuali dlm lingkup kemampuannya
وليحذر المسلم من تلمس الرخص في بعض زلات العلماء فإن هذا سبب الانحراف، وهو دليل على عدم اهتمام المرء بدينه،
Dn hati hati seorang muslim dari mencari cari keringanan pada sebagian ketergelinciran ulama sesungguhnya ini adalah sebab penyimpangan dn merupakan bukti tidak adanya perhatian seseorang terhadap agamanya
قال الله سبحانه وتعالى: ﴿اتَّبِعُوا مَا أُنْزِلَ إِلَيْكُمْ مِنْ رَبِّكُمْ وَلا تَتَّبِعُوا مِنْ دُونِهِ أَوْلِيَاءَ قَلِيلًا مَا تَذَكَّرُونَ﴾; [الأعراف:3]،
Allah berfirman ikutilah apa yg didatangkan kepada kalian dri rab kalian dn janganlah mengikuti para penolong selainya, sedikit sekali kalian mengingat
وقال تعالى: ﴿يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ جَاءَكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا أَنْ تُصِيبُوا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ﴾; [الحجرات:6]
Wahai orang yg beriman apabila datang kepada kalian seorang fasiq membawa suatu berita maka perjelaslah, agar tidak menimpa suatu qoum dg sebab kebodohan
وقال عز وجل: ﴿فَاسْأَلُوا أَهْلَ الذِّكْرِ إِنْ كُنْتُمْ لا تَعْلَمُونَ﴾; [النحل:43]،
Bertanyalah kpd ahlu dzikr(ulama) jika kalian tdak mengetahui
قال ابن حزم رحمة الله عليه: صدق الله وكذب محرفو قوله، إن الله أمرنا أن نسأل أهل الذكر عن الذكر ولم يأمرنا أن نسأل أهل الذكر عن آرائهم.
Berkata ibnu hazm رحمه الله sungguh benar allah dn telah berdusta orang yg memalingkan perkataanya, sesungguhnya allah memerintahkan kita untuk bertanya kepada alhlu dzikr(ulama) tentang dzikr(ilmu) dn tdak memerintahkan kita untuk bertanya kpd ahlu dzikr tentang pendapat pendapat mereka.
*فاسأل السني الذي تثق بسنيته واستقامته، وطالبه بالدليل، وهذا أضمن لنفسك،*
Bertanyalah kpd seorang sunny yg engkau percaya kesunnahan dn keistiqomahannya, serta tuntutlah dalil drinya. Dan ini lebih aman bagimu
وقد كان الرجل يأتي إلى رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم يقول: يا رسول الله! إني سائلك فمشدد عليك في المسألة، فلا تجد علي في نفسك: آلله أمرك بكذا(2).
Dn seorang telah mendatangi rosulullah sholollahu alaihi wasallam sembari mengatakan wahai rosulullah sesungguhnya aku bertanya kepadamu, dn bersikeras terhadapmu dlm soal, maka jangan sampai membekas dihatimu( apakah allah menyuruhmu demikian
وما أحسن قول ابن الوزير في الروض الباسم: *عليك بمن ينذر الإبلاس والإفلاس, وإياك من شأنه لا بأس لا بأس.*
Betapa indahnya perkataan ibnul wazir dlm roudh baasim
Wajib atasmu menetapi orang yg memperingatkan dri kebingungan dn kebangkrutan dn waspadai orang yg kebiasanya laba's laba's
----------------------
(1) أسئلة من حرض، بتاريخ: ليلة الثلاثاء 7 ذي القعدة 1422ه.. دماج - دار الحديث.
(2) رواه البخاري رقم (63)، ومسلم رقم (12).
Syeikh Yahya Al Hajuri Hafidzahulloh